Rabu, 26 Desember 2012

Workshop

Alhamdulillah pada akhir tahun ini Madrasah Tsanawiyah Al-Muthmainnah bisa mengirimkan utusan untuk ikut kegiatan Workshop Pengembangan Keunggulan Madrasah Melalui Pemanfaatan Jaringan Teknologi Informasi Terpadu yang diselenggarakan oleh Yayasan Global Infratama, Direktorat Madrasah Kementerian Agama RI dan Universitas Islam Nusantara Bandung.

Dedi Koswara yang diutus untuk mengikuti kegiatan tersebut di Hotel Endah Prahyangan Bandung selama 3 hari mulai tanggal 26 - 28 Desember 2012. Diharapkan melaui kegiatan ini :
  1. Dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan pengelola dan penyelenggara pendidikan dalam upaya membangun keunggulan madrasah;
  2. dapat memahami standar-standar pengelolaan pendidikan di madrasah sesuai standar minimal yang ditetapkan pemerintah maupun tuntutan masyarakat;
  3. Dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong, mempengaruhi keunggulan madrasah;
  4. Dapat tersusun instrument minimal  dalam pengembangan keunggulan madrasah;
  5. Dapat mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat terbangunnya keunggulan madrasah;
  6. Dapat merumuskan ciri-ciri keunggulan madrasah diantaranya; (1). Kepemimpinan dan manajemen yang kuat (2). Kualitas sumberdaya yang terus ditingkatkan (3). Input siswa berkualitas (4). Keberadaan sarana dan prasarana yang mendukung, termasuk sistem asrama jika dimungkinkan (5). Kurikulum yang berkembang, termasuk extrakurikuler (6). Kerjasama kelembagaan dan dukungan masyarakat.
  7. Dapat menyusun langkah-langkah program dalam membina dan mengembangkan keunggulan madrasah.